8 Fakta Menakjubkan Tentang Kiswah Ka’bah, Bukan Sembarang Kain! 

138

Muslim Obsession – Kiswah adalah kain hitam yang menutupi seluruh Ka’bah. Bukan sembarang kain, kiswah memiliki beberapa fakta menakjubkan yang perlu diketahui.

Pada tanggal 9 Dzulhijjah, Kiswah berganti dan berlangsung bertahun-tahun. Ini diprakarsai oleh Nabi Ismail (AS) sekitar 4.000 tahun yang lalu sebelum Nabi Muhammad Saw. mulai menyebarkan Islam. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui.

1. Mengubah Kiswah dan memberikan potongannya

Setiap tahun ketika kain Ka’bah diganti, maka kain itu dipotong-potong untuk diberikan kepada orang-orang tertentu sebagai suatu Kehormatan.

Bahkan ada juga yang membagikannya kepada para jamaah haji yang datang dari berbagai belahan dunia untuk menunaikan ibadah haji.

2. Total biaya pembuatan cover baru adalah SAR 17 Juta

Kiswah berisi 47 potong kain dan seluruh Kiswah berukuran sekitar 658 Sq. meter dan 670 Kg yang juga berisi 15 Kg benang emas murni.

3. Warna kiswah terus berubah

Warna penutup Ka’bah Suci digunakan untuk terus berubah selama pemerintahan berbagai khalifah dan penguasa. Di zaman Nabi Muhammad Saw., dulunya warna putih kemudian di zaman lain, merah kemudian hijau dan pada akhirnya hitam.

4. Seorang pria yang mengubah Kiswah
Asad Al Himairi, seorang pria dari Yaman adalah orang pertama yang menutupi Ka’bah

Pada zaman kuno, berbagai suku akan menutupi Ka’bah Suci secara bergiliran. Para pemimpin suku juga akan membawa beberapa tirai kecil untuk menutupi dinding Ka’bah.

5. Dulu, kiswah Dipersembahkan untuk Nenek Moyang Nabi Muhammad Saw.

Kiswah dahulu kala dipersembahkan kepada nenek moyang Nabi Muhammad Saw. warna Kiswah pada waktu itu adalah putih, Nabi Muhammad Saw. menggunakannya pada masanya. Kain itu terbuat dari kain Yaman.

6. Yaman, Mesir, dan Irak menyediakan kain Kiswah

Kain yang membuat seluruh penutup berasal dari Bagdad, Irak, Yaman, dan Mesir. Mohd Ali Pasha, Raja Muda Mesir telah menciptakan proses pembuatan sampul ini dan menjadikan tanggung jawab negaranya setelah berpisah dari kerajaan Turki.

7. Ada beberapa ayat Al-Quran yang tertulis di Kiswah

Sangat sedikit yang tahu tentang Ayat-ayat Al-Quran yang tertulis di Kiswah.

8. Tanggal perubahan Kiswah diubah

Pada awalnya Kiswah diganti pada tanggal 10 Dzulhijjah tetapi diubah menjadi tanggal 9 Dzulhijjah. Terbaru, Kiswah akan diganti setiap 1 Muharram.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here