IN2MOTIONFEST 2022, Panggung Karya Kreatif & Inovatif Desainer Muda Menuju Go-Global

53

Jakarta, Muslim Obsession – Hasil sinergi dari Bank Indonesia bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM serta Indonesian Fashion Chamber (IFC) telah sukses menyelenggarakan International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) 2022 pada 5-9 Oktober 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

Kegiatan ini dihadiri lebih dari 5.000 peserta secara luring, dan diikuti pula oleh partisipan secara daring.

Dengan mengusung tema “Local Product, Global Look”, penyelenggaraan IN2MOTIONFEST sebagai bagian dari Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-9 ini ditujukan untuk memperkuat branding modest fashion Indonesia, melahirkan desainer dan brand yang dikenal dan berdaya saing global, serta meningkatkan kapasitas pelaku usaha fesyen muslim baik di tingkat nasional maupun internasional.

Talenta desainer muda sebagai generasi penerus dalam industri fesyen muslim tanah air turut menjadi perhatian penting. IN2MOTIONFEST memberikan panggung bagi karya-karya terbaik siswa perwakilan dari dua belas sekolah mode di Indonesia yaitu Telkom University, SMKN 3 MALANG, Binus University International, Islamic Fashion Institute, ISWI Fashion Academy, Universitas Kristen Maranatha X Asia Pacific Rayon, BUNKA School of Fashion, Sekolah Tinggi Desain InterStudi, SMK NU Banat Kudus, ESMOD Jakarta, Institut Kesenian Jakarta, dan LPTB Susan Budihardjo Jakarta.

Modest Young Designer Competition (MYDC) kembali diselenggarakan sebagai rangkaian kegiatan IN2MOTIONFEST 2022. Kompetisi ini bertujuan menjaring talenta desainer muda yang kreatif dan inovatif serta memiliki kemampuan sebagai entrepreneur untuk menggiatkan kebelanjutan sektor fesyen muslim nasional.

Dalam seremoni penutupan IN2MOTIONFEST 2022, Menteri BUMN, Erick Tohir menyampaikan bahwa modest fashion Indonesia tidak hanya berpotensi mendorong kekuatan UMKM dan industri kreatif lokal, tetapi juga industri halal.

Menurutnya, Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar dunia sudah seharusnya menjadi pemain industri halal yang terdepan, terutama untuk sektor fesyen.

“Kita dapat menyerap potensi talenta serta menjalani hilirisasi industri halal yang mampu meningkatkan posisi Indonesia sebagai produsen halal nomor satu di dunia. Menjadi produsen halal level internasional adalah wujud dari akhlak dan ikhtiar kita dalam memperjuangkan Indonesia yang maju, makmur, dan mendunia,” ujar Erick.

Sementara Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, Ita Rulina mengatakan bahwa perkembangan modest fashion di Tanah Air bukan hasil kerja sendiri, termasuk penyelenggaraan IN2MOTIONFEST adalah kerja bersama, berjuang bersama, bergandengan tangan.

“Perhelatan ini siap sebagai etalase untuk memasarkan dan mempertemukan pelaku usaha dan kreatif dengan calon pembelinya, tak hanya dari domestik tetapi juga internasional. Alhamdulillah, IN2MOTIONFEST sudah berjalan baik sesuai harapan kita, dan tahun depan harus lebih mantap dan mengena ke skala internasional,” jelasnya.

Melengkapi kegiatan pameran dan peragaan busana, IN2MOTIONFEST menginisiasi program business matching untuk menghubungkan desainer dan buyer. Gelaran perdana ini berhasil mendatangkan 14 buyer lokal yang terdiri dari reseller, marketplace, departmenet store; serta buyer global dari Malaysia dan Amerika.

“Bersama-sama kita mengangkat IN2MOTIONFEST sebagai event fesyen muslim terbesar di Asia, dan di tahun 2023 kita akan mengukuhkan sebagai modest fashion terbesar di dunia. Termasuk program Modest Young Designer Competition (MYDC), kami harapkan tahun 2023 peserta kompetisi ini bukan hanya dari Indonesia tetapi juga dari berbagai negara. Kami harapkan pula tahun depan dapat mengundang modest young designer dari negara-negara lain,” papar Asisten Deputi Kemitraan dan Perluasan Pasar Kementerian Koperasi dan UKM, Fixy.

Pada gelaran hari terakhir IN2MOTIONFEST 2022 menampilkan koleksi dari LIQA, DIANRISTY, Lina Sukijo, Renni Herond, EIWA (anggota IKRA), AFSHEEN SYADZA (binaan Kemenparekraf), Tiasafara (binaan Kemenperin), dan perwakilan dari komunitas yaitu Haitwo (PP Salimah), Syamara (Bunda Wakaf), dan Rita Anomsari (PPUMI).

Dalam acara penutupan ditampilkan parade karya dari PHILLIP, LISA FITRIA, L by Laudya Cynthia Bella, KHANAAN, Rose.Ma.Lina x Sofie, Naara by Ariy Arka, Roemah Kebaya Vielga, sabin (anggota IKRA) X PALA Nusantara, dan Shiroshima Indonesia (anggota IKRA).

Pelaksanaan IN2MOTIONFEST ditargetkan sebagai kegiatan kolaboratif berkelanjutan dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah nasional untuk mempercepat pencapaian cita-cita bersama yaitu mewujudkan Indonesia sebagai pusat industri halal dunia dan kiblat fesyen muslim dunia. Sampai jumpa di IN2MOTIONFEST 2023!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here