Hassan Sheikh Mohamud Terpilih jadi Presiden Baru Somalia

86

Muslim Obsession – Mantan presiden Hassan Sheikh Mohamud terpilih sebagai presiden baru Somalia selama pemilihan presiden yang diadakan di bawah perlindungan pasukan penjaga perdamaian Uni Afrika di ibu kota Mogadishu pada Ahad (15/5/2022).

Komite pemilihan presiden mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Mohamud mengumpulkan 214 suara melawan 110 suara yang mendukung presiden petahana Mohamed Abdullahi Mohamed Farmaajo pada putaran ketiga terakhir.

Mohamud menjabat sebagai presiden Somalia antara 2012 dan 2017.

Setelah jajak pendapat maraton yang melibatkan 36 kandidat yang disiarkan langsung di TV pemerintah, pejabat parlemen menghitung lebih dari 165 suara mendukung mantan presiden Mohamud, lebih dari jumlah yang dibutuhkan untuk mengalahkan presiden petahana.

Pada putaran kedua sebelumnya, jumlah calon presiden menurun dari 36 menjadi empat. Mereka adalah Saeed Abdullah Dani, Kepala Negara Bagian Bilad Bant; presiden petahana Abdullahi; mantan presiden Hassan Sheikh Mohamud; dan mantan Perdana Menteri Hassan Ali Khairi.

Pendukung pemimpin baru Somalia menentang jam malam untuk turun ke jalan-jalan di Mogadishu, bersorak dan menembakkan senjata saat menjadi jelas bahwa Mohamud telah memenangkan pemungutan suara.

Banyak yang berharap pemungutan suara akan menarik garis di bawah krisis politik yang telah berlangsung lebih dari setahun, setelah masa jabatan Mohamed berakhir pada Februari 2021 tanpa pemilihan.

Presiden – yang juga dikenal sebagai Farmaajo karena selera keju Italia – mengakui kekalahan, dan Mohamud langsung dilantik.

Pemimpin baru itu menyampaikan nada perdamaian dalam pidato penerimaannya dari kompleks bandara di Mogadishu, yang dipatroli oleh penjaga perdamaian Uni Afrika (AU).

“Sungguh terpuji bahwa presiden di sini berdiri di sisi saya,” kata Mohamud, merujuk pada mantan pemimpin itu, yang duduk bersamanya saat surat suara dihitung.

“Kita harus maju, kita tidak perlu dendam. Tidak ada pembalasan,” kata presiden baru.

Mohamud yang berusia 66 tahun adalah pemimpin partai Persatuan untuk Perdamaian dan Pembangunan, yang menguasai mayoritas kursi di kedua kamar legislatif.

Seorang anggota klan Hawiye, salah satu yang terbesar di Somalia, Mohamud dianggap oleh beberapa orang sebagai negarawan dengan pendekatan damai. Ia juga terkenal karena karyanya sebagai pemimpin sipil dan promotor pendidikan, termasuk perannya sebagai salah satu pendiri Universitas SIMAD Mogadishu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here