7 Negara yang Disebut Sekutu Rusia

72
Presiden Rusia Vladimir Putin.

Jakarta, Muslim Obsession – Sejumlah negara dikenal punya hubungan dekat dengan Rusia. Sebagai salah satu negara adidaya, Rusia memiliki pendukung atau sekutu. Seperti halnya rivalnya Amerika Serikat yang juga punya sekutu.

Jika sekutu Amerika adalah negara-negara yang tergabung dalam NATO. Maka negara sekutu Rusia antaranya tergabung dalam sebuah aliansi bernama Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif atau Collective Security Treaty Organization (CSTO).

Tujuan dibentuknya organisasi CSTO salah satunya untuk melindungi negara anggota satu kawasan jika mendapat agresi dari negara lain. Sama persis dengan NATO yang juga pemahaman seperti CSTO.

Hingga saat ini, setidaknya terdapat lima negara selain Rusia yang tergabung dalam anggota CSTO. Kelima negara tersebut adalah Belarus, Armenia, Kazakstan, Tajikistan, dan Kirgistan, merujuk Express.

Namun, tak hanya dari anggota CSTO saja. Beberapa negara lain diketahui juga memiliki hubungan dekat dengan Rusia.

Selain karena hubungan bilateral yang baik, kesamaan ideologi juga menjadi salah satu faktor yang menjadi alasan negara tersebut dekat dengan Rusia.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut negara sekutu Rusia yang berasal dari anggota CSTO dan juga beberapa negara lain yang diketahui dekat dengan negara yang kini dipimpin oleh Vladimir Putin tersebut.

1. Belarus

Menjadi salah satu negara anggota CSTO menjadikan Belarus sebagai negara sekutu Rusia. Sebagai sama-sama negara pecahan Uni Soviet, Belarus memiliki kedekatan dengan Rusia.

Belarus merupakan negara yang terlihat memiliki hubungan militer kuat dengan Rusia, dilihat dari latihan militer antara kedua negara yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Selain itu, letak Belarus yang tak jauh dari Rusia atau negara tetangga menjadi faktor pendukung lainnya.

Belarus atau yang dahulu dikenal dengan Rusia Putih (Belorussia) sendiri terletak di Eropa Timur. Dengan luas wilayah mencapai 207.600 km persegi menjadikan Belarusia sebagai negara dengan daratan terluas ketiga dan negara terpadat ke-93 di dunia.

2. Armenia

Negara berikutnya yang menjadi sekutu bagi Rusia adalah Armenia. Armenia mendapatkan kemerdekaannya setelah Uni Soviet bubar. Armenia memiliki luas wilayah mencapai tak kurang dari 29 ribu km dengan Yerevan sebagai ibu kotanya.

Yerevan sendiri merupakan salah satu kota tertua di dunia. Ibu kota Armenia ini sudah dibangun sejak 782 sebelum masehi. Meski luas wilayah Armenia tak terlalu luas, namun negara ini memiliki setidaknya 6 situs warisan dunia UNESCO.

3. Kazakhstan

Kazakhstan menjadi salah satu negara dari negara sekutu Rusia berikutnya. Negara ini juga sempat menjadi bagian dari Uni Soviet dan memerdekakan diri pada 16 Desember 1991.

Kazakhstan menjadi salah satu negara yang tidak memiliki batas negara berupa lautan dalam arti yang sebenarnya, karena Laut Kaspia bukanlah laut melainkan danau. Meski tak memiliki laut, namun Kazakhstan tetap memiliki pasukan angkatan laut.

Kazakhstan juga merupakan salah satu negara yang kaya akan sumber daya mineral. Akan tetapi, negara ini sempat mengalami kerusuhan akibat kenaikan harga. Hal tersebut membuat CSTO mengirimkan pasukan perdamaian mereka ke Kazakhstan.

4. Tajikistan

Tajikistan juga menjadi salah satu negara anggota CSTO yang sempat menjadi bagian Uni Soviet dan merdeka di 1991. Sebanyak sembilan dari sepuluh populasinya berada di pegunungan.

Berada di Asia Tengah, Tajikistan memiliki luas wilayah sekitar 141 ribu km persegi. Tajikistan berbatasan dengan China (timur), Uzbekistan (barat), Kirgistan (utara), dan Afganistan (selatan), dengan Dushanbe menjadi ibu kotanya.

5. Kirgistan

Negara berikutnya yang menjadi sekutu dari Rusia adalah Kirgistan. Meski termasuk negara yang maju, namun masih banyak ditemui penduduk nomaden di negara ini.

Kirgistan merupakan salah satu negara bekas Uni Soviet. Kirgistan mendeklarasikan kemerdekaan mereka pada 31 Agustus 1991.

6. China

Meski bukan salah satu anggota dari organisasi CSTO, China selama ini dikenal sebagai sekutu dekat Moskow. Sudah sejak lama China memiliki hubungan yang cukup mesra dengan negara pecahan Uni Soviet tersebut.

Kendati kedua negara tidak menjalin aliansi formal, China maupun Rusia saling bergantung pada banyak hal, terutama dalam hubungan diplomatik, ekonomi, dan penantang dominasi Barat.

7. Kuba

Negara sekutu Rusia selanjutnya adalah Kuba. Sama dengan China, Kuba juga bukan termasuk anggota CSTO. Akan tetapi, Kuba telah lama diketahui sebagai salah satu mitra erat Rusia.

Kerja sama antara negara komunis Kuba dengan Rusia sangat terkenal. Hal ini terlihat dari Rusia yang menjadi negara pertama mengirimkan bantuan usai Kuba diterjang tiga badai pada 2008 silam. (Albar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here