7 Manfaat Menonton Film, Salah Satunya Baik untuk Kekebalan Tubuh

125

Muslim Obsession – Jika Anda merasa tertekan, kesepian atau dikelilingi oleh pikiran negatif, jangan biarkan emosi itu menumpuk di dalam diri Anda.

Alih-alih menahannya di dalam dan merasa tidak enak sepanjang hari, cobalah untuk membiarkannya keluar.

Cara terbaik untuk menghilangkan pikiran negatif, dan mungkin menemukan solusi untuk masalah Anda, salah satunya adalah menonton film.

Film bukan hanya cara untuk bersenang-senang, tetapi juga bentuk terapi. Berikut 7 manfaat menonton film, dilansir Breobox:

1. Dampak positif pada kesehatan Anda secara keseluruhan

Tahukah Anda bahwa terapi sinema itu ada? Sinemeterapi (terapi film) adalah bentuk terapi ekspresif untuk mengatasi masalah kesehatan medis dan mental.

Terapi ini dapat mengubah pikiran negatif individu, kebiasaan buruk, dan kemampuan mengelola peristiwa kehidupan. Orang-orang yang menghadiri terapi bioskop menonton film yang mencerminkan masalah mereka saat ini.

Komedi, misalnya, membuat kita tertawa, dan tertawa selama 15 menit sama baiknya dengan olahraga, kata ahli jantung Dr. Michael Miller dari University of Maryland.

Tapi jangan meremehkan film sedih! Film sedih memiliki efek positif pada kimia otak Anda juga.

Menurut para ilmuwan dari Universitas Oxford, menonton film traumatis dapat meningkatkan produksi endorfin, zat kimia yang terkait dengan peningkatan toleransi rasa sakit. Jadi, film sedih sebenarnya bisa membuat Anda merasa baik.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda

Film bisa membuat Anda lebih sehat! Para peneliti telah menemukan bahwa menonton film horor meningkatkan sel darah putih, yang penting dalam pemulihan cedera dan melawan penyakit.

Namun jika Anda adalah salah satu orang dengan penyakit jantung, sebaiknya hindari film-film seram.

Menurut beberapa ilmuwan, tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan hormon stres yang berhubungan dengan stres.

3. Membantu Anda mengatasi stres

Film adalah alat terbaik untuk melarikan diri dari kenyataan. Jika Anda merasa stres dan cemas, menonton film dapat membantu Anda mengatasi stres.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland, komedi dan film yang membuat orang tertawa, menyebabkan pembuluh darah seseorang melebar hingga 22%, menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres.

4. Menginspirasi Anda untuk menjadi orang yang lebih baik

Apakah Anda memiliki kutipan film favorit yang Anda gunakan setiap kali Anda menemukan diri Anda dalam situasi yang sulit?

Jika ya, itu berarti film itu memberi kesan besar pada Anda. Bahkan jika Anda tidak menyadarinya, film memiliki pengaruh besar pada kehidupan nyata, tetapi juga pada perkembangan pribadi kita.

Film menginspirasi kita untuk menjadi orang yang lebih baik. Itu dapat menginspirasi Anda untuk membuat perubahan positif dalam hidup Anda, memaafkan seseorang, berdandan dengan orang yang Anda cintai, menjadi sukarelawan di suatu tempat, atau apa pun yang akan meningkatkan hidup Anda.

Film sering mengajarkan kita apa yang baik dan apa yang tidak, dan peristiwa atau kalimat tertentu yang diucapkan oleh karakter utama dapat memotivasi kita untuk mengubah hidup kita.

5. Membantu Anda mempelajari hal-hal baru

Salah satu manfaat terbesar menonton film, terutama bagi anak-anak dan remaja, adalah mempelajari hal-hal baru. Yang termuda dapat memperluas kosakata mereka dan belajar bahasa asing dengan menonton film.

Film dokumenter yang bagus atau drama sejarah yang cerdas dapat mendidik Anda tentang isu dan peristiwa penting.

Juga, menonton film dapat mengubah perspektif kita tentang orang-orang dan masalah yang kita hadapi setiap hari.

Kita bisa belajar bahasa baru, tentang budaya lain, tentang peristiwa sejarah, dan banyak lagi hanya dengan menonton film.

6. Membuat anak lebih kreatif

Satu studi menemukan bahwa anak-anak yang menonton film fantasi seperti Harry Potter memiliki skor yang jauh lebih tinggi dalam tes kreativitas.

Film semacam itu membantu mereka mengembangkan ide-ide kreatif dan menggunakan imajinasi dalam memecahkan masalah.

7. Membantu Anda menghargai seni

Meskipun film pada awalnya merupakan bentuk hiburan, film juga merupakan bentuk seni. Gambar, kostum, desain suara, arsitektur, teater, dan elemen film lainnya, semuanya adalah bagian dari seni.

Banyak pelukis, desainer, pematung, musisi, dan seniman lainnya bekerja sama untuk menciptakan kombinasi dari semua seni ini, yang disebut film.

Menonton film membantu kita menghargai seni dan sering kali membuat kita tertarik pada beberapa jenis seni atau artis.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here