10 Obat Herbal dan Rempah-Rempah Paling Sehat, Salah Satunya Musuh Berat Kanker

1195

Muslim Obsession – Ada beberapa tanaman obat herbal dan rempah-rempah dengan banyak manfaat kesehatan potensial, seperti yang memiliki sifat anti-inflamasi, penguat kognitif, dan beberapa yang bahkan dapat membantu memerangi kanker. Beberapa bumbu dan rempah tersebut antara lain kunyit, peppermint, jahe, dan masih banyak lagi.

Jauh sebelum pengobatan modern, orang Yunani kuno menggunakan berbagai rempah-rempah dan herbal untuk khasiat penyembuhannya. Hippocrates (460-377 SM) menggunakan kunyit, kayu manis, thyme, ketumbar, dan tanaman lain sebagai pengobatan, banyak di antaranya masih digunakan hingga saat ini sebagai pengobatan holistik untuk demam, nyeri dan penyakit lainnya.

Meskipun ada sedikit atau bahkan tidak ada bukti ilmiah bahwa herbal dapat secara langsung menyembuhkan penyakit serius, penelitian semakin menunjukkan bahwa banyak herbal dan rempah-rempah memiliki sifat yang dapat membantu mengurangi gejala tertentu.

Dikutip dari Medical News Today, Kamis (29/7/2021) artikel ini akan mengeksplorasi manfaat kesehatan dari 10 herbal dan rempah-rempah, termasuk kunyit, peppermint, jahe, dan banyak lagi.

1. Kunyit

Kunyit, kadang-kadang disebut kurkumin, adalah salah satu bumbu paling populer yang digunakan saat ini untuk memasak dan bermanfaat bagi kesehatan. Studi laboratorium telah menunjukkan bahwa kunyit memiliki beberapa manfaat anti-inflamasi, antioksidan, antibakteri, antivirus, dan antiparasit. Dari semua ini, penelitian menunjukkan bahwa kunyit paling efektif untuk sifat anti-inflamasi dan antioksidannya.

Sebagai antioksidan pemecah rantai dan rempah-rempah anti-inflamasi, kunyit meningkatkan stres oksidatif dengan kemampuannya untuk mengais radikal bebas beracun di dalam tubuh. Radikal bebas adalah molekul yang merusak jaringan dengan jumlah elektron yang tidak merata yang dapat menjadi katalis untuk penyakit kronis, seperti penyakit kardiovaskular dan kanker.

Dengan kandungan antioksidannya yang tinggi, kunyit dapat bekerja untuk mengurangi risiko pembentukan radikal bebas dan mengurangi efek stres pada tubuh.

2. Jahe

Orang telah menggunakan jahe selama ribuan tahun sebagai obat untuk mual dan masalah pencernaan. Saat ini, orang terutama menggunakan akar jahe sebagai bumbu, atau sebagai suplemen untuk mengobati masalah pencernaan.

Berkaitan erat dengan kunyit, jahe juga mengandung sifat anti-inflamasi dan tingkat antioksidan total yang sangat tinggi. Hanya buah delima dan jenis beri tertentu yang mengandung lebih banyak. Sebagai agen antimual, beberapa penelitian terkontrol telah membuktikan bahwa jahe efektif sebagai antiemetik. Orang dapat menggunakannya untuk mabuk laut, mabuk perjalanan, dan mual di pagi hari.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa jahe mungkin memiliki efek antikanker. Ini sebagian besar disebabkan oleh tingkat antioksidan jahe yang tinggi. Ini juga dapat memperlambat reproduksi sel, menyebabkan sel berhenti membelah, dan menghentikan protein aktivator tertentu dan jalur pensinyalan yang berkontribusi terhadap kanker. Konon, sebagian besar penelitian ini dilakukan di laboratorium, dan lebih banyak uji klinis pada manusia harus dilakukan.

3. Jinten

Jinten adalah bumbu masakan yang populer digunakan karena efek aromatiknya. Studi menunjukkan bahwa itu juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan, kolesterol, manajemen stres, dan banyak lagi. Ini juga memiliki potensi antioksidan yang tinggi.

Penelitian juga menunjukkan bahwa jinten adalah antidiabetes. Sekelompok 80 orang mengambil formulasi Ayurveda yang mengandung jinten selama 24 minggu, dan gula darah postprandial mereka berkurang secara signifikan.

4. Peppermint

Ramuan yang sangat populer yang biasa digunakan sebagai bahan penyedap, peppermint berasal dari Eropa dan Asia. Di daerah ini, orang menggunakannya sebelum munculnya obat modern untuk efek pendinginan, sifat antibakteri, dan untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Penelitian menunjukkan bahwa sebagai obat holistik, peppermint juga efektif dalam meningkatkan kesehatan kardiovaskular (jantung) dan paru-paru (paru-paru) dengan bertindak sebagai bronkodilator. Bronkodilator bekerja dengan memperlebar saluran udara (bronkiolus) di paru-paru. Dengan menghirup aroma peppermint, seseorang juga akan meningkatkan kekuatan udara hidungnya, yang pada gilirannya memasok lebih banyak udara ke paru-paru.

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa peppermint adalah pelemas otot yang efektif berkat senyawa mentol yang mendinginkan, itulah sebabnya mentol sering menjadi bahan aktif dalam salep dan krim yang menargetkan nyeri otot.

5. Echinacea

Berasal dari tanaman coneflower, echinacea adalah suplemen yang paling dikenal untuk menargetkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah pilek. Sementara penelitian belum membuktikan bahwa ramuan tersebut dapat melawan virus, banyak yang menggunakan echinacea untuk mendukung pengobatan kondisi seperti:

  • flu biasa
  • infeksi saluran pernapasan atas
  • bronkitis
  • influensa
  • peradangan
  • infeksi telinga
  • vaginitis
  • infeksi jamur

6. Kayu manis

Peradaban kuno telah menggunakan kayu manis sejak 2.800 SM untuk urapan, pembalseman, dan pengobatan penyakit. Meskipun tidak banyak digunakan untuk sifat terapeutiknya seperti ribuan tahun yang lalu, kayu manis masih memberikan segudang manfaat kesehatan sebagai rempah-rempah antimikroba, antioksidan, antiinflamasi, antidiabetes, dan antikarsinogenik.

Sebuah tinjauan tahun 2015 menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi kadar gula darah. Perannya dalam mengatur glukosa dalam tubuh telah disarankan dalam banyak uji coba kontrol acak kecil, meskipun hasilnya belum cukup signifikan untuk membuktikan konklusif.

Kayu manis juga memiliki efek peningkatan kognitif, dan para peneliti telah berusaha untuk menentukan apakah rempah-rempah bisa menjadi pengobatan yang efektif untuk penyakit Alzheimer. Secara khusus, para ilmuwan telah mempelajari CEppt (ekstrak yang ditemukan dalam kulit kayu manis) untuk memastikan apakah itu dapat membantu mencegah gejala Alzheimer berkembang. Ketika tikus memakan ekstrak ini, itu sangat meningkatkan kemampuan kognitif mereka.

 

7. Bubuk cabai

Penelitian 2015 menunjukkan bahwa capsaicin, fitokimia yang membuat bubuk cabai pedas, mungkin memainkan peran penting dalam mengatur kesehatan jantung dan metabolisme.

Ketika orang mengonsumsi bubuk cabai, rempah-rempah memicu perubahan protein bermanfaat dalam tubuh yang kondusif untuk menurunkan berat badan. Tetapi para peneliti tidak sepenuhnya memahami mekanisme bagaimana ini bekerja.

Orang yang berpartisipasi dalam sebuah penelitian di mana mereka mengonsumsi cabai dalam jumlah sedang selama periode 12 minggu mengalami hasil penurunan berat badan, yang dipicu oleh dampak cabai pada tubuh untuk mengontrol insulin dengan lebih baik, di antara efek terapeutik lainnya. Dalam studi lain, para peneliti mengamati bahwa konsumsi cabai secara teratur juga secara signifikan mengurangi tingkat jaringan adiposa (lemak) perut dan mengurangi nafsu makan dan asupan energi.

Dalam hal manfaat kardiovaskular, penelitian terbaru yang disediakan oleh American Heart Association menemukan bahwa mereka yang secara teratur mengonsumsi bubuk cabai dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 26%. Selain itu, konsumsi cabai yang sering berkorelasi dengan penurunan 25% dalam kematian dari penyebab apa pun dan 23% lebih sedikit kematian akibat kanker.

Berkat sifat anti-inflamasinya, bubuk cabai juga bisa efektif untuk mendukung perawatan radang sendi, serta untuk mengurangi peradangan otot dan sendi.

8. Peterseli

Peterseli adalah ramuan yang berasal dari daerah Mediterania. Banyak yang telah menggunakannya selama bertahun-tahun untuk penyedap kuliner dan pengobatan terapeutik untuk berbagai kondisi kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi dan alergi.

Ramuan ini penuh dengan antioksidan, karotenoid, dan vitamin bermanfaat lainnya yang mendukung kesehatan tubuh dan sistem kekebalan tubuh. Di antaranya adalah vitamin K, nutrisi penting untuk kesehatan tulang.

9. Oregano

Ramuan lain yang lazim dalam diet Mediterania adalah oregano, yang banyak digunakan tidak hanya sebagai penambah rasa untuk makanan tetapi sebagai minyak aromatik dan suplemen. Antioksidan ramuan berkontribusi pada rasa dan baunya yang kuat, dan juga dapat memberikan manfaat seperti:

  • memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi
  • mengurangi peradangan
  • mengatur gula darah
  • meningkatkan resistensi insulin
  • mengurangi gejala saluran kemih dan kram menstruasi
  • melawan kanker

Oregano sebagai ramuan mandiri tidak bisa sendirian menghasilkan hasil ini. Tetapi orang mungkin menggunakannya karena sifat antioksidannya yang bermanfaat untuk banyak kondisi kesehatan.

10. Kapulaga

Kapulaga adalah bumbu lain yang memberikan berbagai manfaat kesehatan potensial. Berasal dari biji tanaman yang termasuk dalam keluarga jahe, orang sering mengonsumsi kapulaga dalam teh, seperti teh chai, serta beberapa kopi, makanan penutup, dan bahkan hidangan gurih.

Beberapa kondisi yang menurut penelitian dapat diobati oleh kapulaga adalah:

  • sembelit
  • sakit perut
  • diare
  • dispepsia
  • muntah
  • sakit kepala
  • epilepsi
  • penyakit kardiovaskular

Manfaat penyembuhan rempah-rempah terutama berasal dari kombinasi minyak atsiri, minyak tetap, asam fenolik, dan sterol. Secara khusus, minyak atsiri yang ada dalam biji kapulaga bersifat analgesik, antiinflamasi, antimikroba, dan antispasmodik.

Penelitian pada hewan menemukan kapulaga juga dapat membantu mengatasi obesitas atau kolesterol tinggi. Ketika peneliti menerapkan suplemen kapulaga pada tikus gemuk, rempah-rempah yang satu ini terbukti menurunkan kolesterol total dan kadar trigliserida.

 

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here