Viral di TikTok Senam Perut Agar Cepat Langsing, Ini Bahayanya!

9659

Muslim Obsession – Bagi sejumlah wanita maupun pria, memiliki bentuk perut yang ramping dan sixpack adalah impian. Sebagian dari mereka, rela melakukan diet ketat, olahraga dan senam latihan perut.

Salah satu yang saat ini tengah viral di TikTok adalah Belly Workout yang dipopulerkan oleh akun Janny14906. Namun, tarian atau gerakan penurunan berat badan yang mendapatkan jutaan like ini sebenarnya sangat berbahaya.

Dikutip dari situs cosmopolitan, Sabtu (26/6/2021) para ahli memperingatkan bahwa latihan seperti itu tidak akan memberi Anda perut sixpack. Sebaliknya, gerakan itu akan berdampak negatif pada tubuh bagian panggul dan kesehatan mental Anda.

“Janny mengklaim dalam video mereka bahwa latihan itu akan mengecilkan perut, tetapi itu adalah mitos bahwa Anda dapat menargetkan kehilangan lemak dari bagian tubuh tertentu,” kata pelatih pribadi Sohee Lee kepada Insider.

“Latihan khusus tidak akan membuat perut Anda rata,” tegasnya.

Menurutnya, melakukan satu latihan untuk memberi Anda estetika tertentu tidak sehat jika Anda mengabaikan nutrisi, tidur, air minum, dan semua faktor lain untuk menjaga kesehatan Anda.

Sohee melanjutkan, “Orang ini mempromosikan latihan selama satu jam sehari dan makan apa pun yang Anda inginkan,’ yang tentu saja sepenuhnya tidak benar dan nasihat seperti inilah yang membuat orang mengalami banyak masalah yang justru pada akhirnya menambah berat badan.”

Jika Anda ingin fokus pada kebugaran, ia menyarankan maka sangat penting untuk melakukannya dengan cara yang aman.

Menurut Mayo Clinic, memperkuat inti Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan keseimbangan dan stabilitas. Selain tujuan penurunan berat badan, berolahraga adalah cara untuk menunjukkan perawatan diri.

Irin Atçeken adalah seorang psikolog yang bekerja di konsultan kesehatan, WeCure. Dia memperingatkan bahaya psikologis dari diet tidak sehat.

“Kami terus-menerus dibombardir oleh iklan yang menjual harapan yang tidak realistis kepada kami, ‘perbaikan cepat’, dan jalan keluar yang mudah,” jelasnya kepada Insider.

“Di saat kita menyerukan berita palsu, cukup mengejutkan bahwa konten tertentu bahkan melewati standar periklanan. Tapi sayangnya, semakin banyak orang yang terlibat, semakin luas jangkauannya.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here