Ramadhan di Tengah Pandemi, Para Pemimpin Dunia Berikan Semangat untuk Muslim

625
Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau.
Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau.

Muslim Obsession – Saat jutaan Muslim memulai puasa Ramadhan pada Selasa (13/4/2021), para pemimpin dunia berbagi pesan hangat untuk menyambut bulan suci.

Dari AS, Presiden Joe Biden dan ibu negara mengirimkan salam hangat dan harapan terbaik mereka kepada umat Muslim di Amerika Serikat dan di seluruh dunia.

“Karena banyak orang Amerika mulai berpuasa, kami diingatkan betapa sulitnya tahun ini,” kata mereka dalam sebuah pernyataan, seperti dilaporkan The Hill.

“Dalam pandemi ini, teman dan orang yang dicintai belum bisa berkumpul untuk merayakan dan berkumpul, dan terlalu banyak keluarga akan duduk untuk buka puasa dengan kehilangan orang yang dicintai,” ujarnya.

Biden mengatakan dalam pesannya bahwa umat Muslim memulai bulan suci dengan harapan baru.

“Banyak yang akan fokus pada peningkatan kesadaran mereka akan kehadiran Tuhan dalam hidup mereka, menegaskan kembali komitmen mereka untuk melayani orang lain yang didorong oleh iman mereka, dan mengungkapkan rasa syukur atas berkat yang mereka nikmati — kesehatan, kesejahteraan, dan kehidupan itu sendiri,” tambah mereka.

Biden menyatakan bahwa perayaan Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini di Gedung Putih akan diadakan secara virtual. Ia juga berjanji untuk melanjutkan perayaan Idul Fitri di Gedung Putih secara langsung tahun depan, sembari mengucap Insya Allah.

Baca Juga: PM Kanada Justin Trudeau: Kami Bersama Muslim

Selain Biden, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga menyambut bulan suci Ramadhan dengan pesan khusus untuk umat Islam di negaranya dan di seluruh dunia.

“Meskipun COVID-19 mungkin menghalangi kita untuk berkumpul secara langsung di bulan Ramadhan ini, itu tidak dapat menghentikan umat Islam untuk merayakan nilai-nilai di jantung Islam. Kepada semua orang yang melakukan itu di rumah dan online, Sophie dan saya mendoakan Anda damai dan bahagia. Ramadhan Mubarak!” katanya dalam sebuah pernyataan.

Trudeau memuji upaya Muslim Kanada dalam perang melawan COVID-19.

“Selama bulan mendatang, sambil berpuasa di siang hari, banyak Muslim Kanada akan terus berada di garis depan perjuangan kami melawan COVID-19. Selama masa-masa luar biasa ini, saya mengundang semua warga Kanada untuk mengakui banyak kontribusi komunitas Muslim bagi negara kita sejak pandemi dimulai, seperti yang telah mereka lakukan selama banyak generasi,” ucapnya, dikutip dari About Islam.

Baca Juga: Dikenal Nyeleneh, Ternyata Kakek Boris Johnson Seorang Jurnalis Muslim di Ottoman

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pun turut menyampaikan pesan hangat kepada umat Muslim di seluruh dunia.

“Ramadhan Mubarak untuk semua orang yang menjalankan bulan paling suci Islam tahun ini. Saya khawatir lagi tahun ini perlu mengikuti aturan untuk tetap aman, tetapi saya berharap bulan puasa ini, doa dan amal membawa banyak kedamaian dan refleksi bagi semua Muslim,” kata Boris Johnson di Twitter.

Tiga anggota Kongres Muslim – Reps. André Carson (D-Ind.), Ilhan Omar (D-Minn.) Dan Rashida Tlaib (D-Mich.) juga berbagi pesan menandai Ramadhan di media sosial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here