350 Juta Orang di Afrika Terancam Kelaparan

62

Muslim Obsession – Hampir 350 juta orang di Afrika, atau hampir seperempat dari populasi benua, tidak memiliki cukup makanan untuk dimakan, Komite Palang Merah Internasional (ICRC) memperingatkan Selasa (12/7/2022).

“Sekitar 346 juta orang tidak memiliki cukup makanan,” kata ICRC.

“Kita menghadapi situasi ketahanan pangan global yang mendesak dan memburuk dengan cepat, terutama di beberapa bagian Afrika dan Timur Tengah. Konflik bersenjata, ketidakstabilan politik, guncangan iklim, dan dampak sekunder dari pandemi COVID-19 telah melemahkan kapasitas untuk bertahan dan pulih dari guncangan,” kata Direktur Jenderal ICRC Robert Mardini.

“Dampak langsung dari konflik bersenjata di Ukraina telah membuat situasi yang sudah kritis menjadi lebih buruk.”

“Situasinya mendesak, dan jendela waktu yang tersisa untuk bertindak semakin menyempit. Tanpa upaya bersama dan kolaboratif, ini berisiko menjadi krisis kemanusiaan yang tidak dapat diubah dengan korban manusia yang tak terbayangkan,” katanya.

Situasi ini sangat mengerikan di negara-negara yang telah menderita perang, ketidakstabilan dan konflik bersenjata selama bertahun-tahun, termasuk Suriah, Yaman, Mali, Somalia, Afghanistan dan Ethiopia.

Kenaikan harga pangan sebagai akibat dari perang Ukraina memukul mereka yang sudah rentan, terutama keras, katanya, mencatat bahwa Somalia, misalnya, menerima lebih dari 90% gandum dari Rusia atau Ukraina.

Di Yaman, setengah dari populasi tidak memiliki cukup makanan. Situasi ini diperburuk oleh fakta bahwa beberapa bagian Afrika menderita kekeringan terburuk dalam 40 tahun.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here