32 Wanita Saudi Lulus jadi Masinis Kereta Ekspres Haramain

45

Muslim Obsession – Angkatan pertama Arab Saudi yang terdiri dari 32 pengemudi kereta ekspres Haramain sekarang sepenuhnya siap untuk mengoperasikan salah satu kereta tercepat di dunia.

Perusahaan Kereta Api Saudi (SAR) merayakan kelulusan 32 wanita Saudi dalam momen bersejarah dengan montase film, menunjukkan para wanita menerima instruksi dari pelatih dan bertukar pengalaman mereka dengan dunia.

Pada Ahad, 1 Januari 2023, SAR membagikan klip video di Twitter yang menunjukkan sebagian dari proses pelatihan yang dilalui peserta pelatihan hingga memenuhi syarat untuk mengemudikan kereta.

Unggahan tersebut berbunyi, “Hari ini, kami menandai langkah baru dalam hal melokalkan kompetensi dan memberdayakan perempuan di sektor perintis kami, dan kami dengan senang hati meluncurkan tahap pertama program untuk mempersiapkan #Haramain_Express_Train Leaders, untuk melanjutkan langkah kami dalam mendukung kader nasional untuk mencapai tujuan Strategi Nasional Transportasi dan Logistik.”

Para kapten kereta wanita juga bersorak atas pencapaian menjadi masinis wanita pertama di Timur Tengah, mengatakan bahwa mengangkut jamaah haji dan pengunjung memberi mereka motivasi untuk bekerja dengan sangat hati-hati.

Pada tahap mendatang, jumlah pengemudi pria dan wanita Saudi akan ditingkatkan, karena diharapkan permintaan akan meningkat secara signifikan selama beberapa tahun ke depan untuk bepergian dengan kereta api, terutama pada musim haji dan umrah.

Sampai saat ini, peluang kerja bagi perempuan Saudi terbatas pada pekerjaan seperti guru dan pekerja medis, di mana mereka harus mematuhi aturan pemisahan gender yang ketat.

Sejak Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman berkuasa pada tahun 2017, dia bersikeras untuk membuka kerajaan dengan mendiversifikasi ekonomi negara dan melonggarkan banyak aturan berbasis gender.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here