250 Perempuan Saudi Jadi Pasukan Khusus Militer Kerajaan

33

Jakarta, Muslim Obsession – Pemerintah Arab Saudi merekrut 250 perempuan untuk bergabung dengan pasukan khusus militer negara kerajaan itu setelah dinyatakan lulus dari Institut Pelatihan Perempuan pada Rabu (11/1).

Ratusan perempuan itu dinyatakan lulus pelatihan dengan spesialisasi keamanan diplomatik dan keamanan Haji-Umrah.

Kantor berita pemerintah Saudi, SPA, melaporkan ratusan perempuan itu merupakan gelombang keempat yang lulus pelatihan dari institusi tersebut.

Setelah kelulusan, ratusan perempuan itu akan menjadi bagian dari pasukan khusus angkatan bersenjata Saudi.

Perayaan kelulusan ini digelar oleh Menteri Dalam Negeri Saudi, Pangeran Abdulaziz bin Saud, dan dihadiri oleh Direktur Keamanan Publik, Letnan Jenderal Muhammad biN Abdullah Al-Bassami.

Sejak Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) diangkat menjadi Putra Mahkota Saudi yang merupakan pemimpin de facto negara pada 2017, negara kerajaan itu menerapkan sejumlah kebijakan yang lebih moderat terutama soal hak bagi perempuan.

MbS mulai mengizinkan perempuan di Saudi mengemudi hingga bepergian sendiri. Sejak 2019, Saudi juga telah mengizinkan perempuan menjadi tentara.

Dengan begitu, perempuan Saudi dapat bergabung dengan Angkatan Darat, Angkatan Udara Saudi, Angkatan Laut, Pasukan Rudal Strategis, hingga Layanan Medis Angkatan Bersenjata Saudi.

Dilansir SPA, perempuan juga bisa diangkat sebagai kopral, kopral, hingga sersan, menurut Kementerian Pertahanan Saudi. (Al)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here